Dinkes Karimun Imbau Warga Antisipasi DBD - Jurnal Terkini - Analisa Fakta-Data Terkini
Jurnal Terkini :
Home » » Dinkes Karimun Imbau Warga Antisipasi DBD

Dinkes Karimun Imbau Warga Antisipasi DBD

Written By Unknown on Monday, June 10, 2013 | 10:59 PM

Karimun, Kepri (Jurnal) - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mengimbau warga mengantisipasi penularan wabah demam berdarah dengue (DBD) dengan membiasakan hidup bersih dan menggencarkan gerakan 3M Plus.

"Kami mengimbau warga agar membersihkan lingkungan, mengubur, menguras, menutup dan menabur bubuk abate wadah yang dapat menampung air (3M Plus). Tujuannya untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk 'aedes aegypty' sebagai vektor penularan DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Sensissiana usai rapat kerja kesehatan di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Sensissiana mengatakan, musim hujan yang melanda akhir-akhir ini berpotensi menjangkitnya DBD akibat lingkungan yang tidak bersih.

Dia mengatakan angka kasus DBD sejak Januari 2013 mencapai 61 kasus, atau setiap bulan rata-rata sepuluh orang terjangkit wabah tersebut.

"Tingginya kasus DBD sejak Januari akibat rendahnya kesadaran warga untuk hidup bersih, apalagi Karimun termasuk daerah endemis DBD yang setiap tahun terdapat kasus DBD," kata dia.

Dinkes melalui jaringan pelayanan kesehatan, seperti RSUD, puskesmas, posyandu, kata dia, terus mengkampanyekan gerakan 3M kepada warga masyarakat. Namun, kampanye tersebut tidak akan membuahkan hasil jika warga tidak berperan aktif menjaga lingkungannya.

"Kami juga tetap menerapkan prosedur jika terdapat kasus DBD, salah satunya melakukan pengasapan (fogging) pada lingkungan ditemukannya kasus tersebut," kata dia.

Fogging, kata dia, hanya efektif membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik-jentik yang hidup di genangan air hanya bisa dibasmi dengan gerakan 3M Plus dan menabur bubuk abate.

"Wadah jangan dibiarkan tergenang air hujan berhari-hari. Kami mengimbau warga agar secara rutin menguras bak mandi setiap satu pekan untuk mencegah jentik tumbuh menjadi nyamuk dewasa," ucapnya.

Data dihimpun, angka kasus DBD di Karimun pada 2010 sebanyak 147 kasus, kemudian turun pada 2011 menjadi 117 kasus. Sedangkan pada 2012 kembali menurun tidak sampai 100 kasus. (sumber: antarakepri.com)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1UKkh/
 
Support : Copyright © 2011. Jurnal Terkini - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya