Curiosity Mendarat di Mars - Jurnal Terkini - Analisa Fakta-Data Terkini
Jurnal Terkini :
Home » » Curiosity Mendarat di Mars

Curiosity Mendarat di Mars

Written By Unknown on Tuesday, August 7, 2012 | 2:59 PM

Badan angkasa luar Ameriksa Serikat  NASA makin serius mengekplorasi planet Mars, terutama untuk menelusuri kemungkinan adanya tanda atau sumber kehidupan di planet tersebut, salah satunya dengan mengirim Curiosity, kendaraan penjelajah yang telah mendarat di Mars pada Senin (6/8).
kendaraan penjelalajah curiosity mendarat di mars
Salah satu foto pertama setelah Curiosity mendarat di Mars pada 6 Agustus 2012. (Foto: NASA)
Curiosity melakukan perjalanan dari bumi menuju Mars sekitar delapan bulan. Pendaratan dengan parasut itu juga dilengkapi dengan roket pengerem dan skycrane yang berfungsi mengurangi kecepatan Curiosity menjadi 22 kilometer per jam.

Begitu mendarat, petugas di Laborotorium Propulsi Jet di NASA bersorak gembira dengan suksesnya Curiosity yang berbobot sekitar 1 ton itu mendarat di Mars. Foto-foto pendaratan pun langsung dikirim ke bumi setelah Curiosity mengkonfirmasi pendaratan sekitar pukul 12.30 WIB.

Curiosity akan menjalankan misi senilai 2,5 miliar dolar Ameriksa, kendaraan ini terbang menuju Mars dengan jarak tempuh sekitar 570 juta kilometer sejak diluncurkan pada November 2011.

Curiosity mendarat pada bagian yang dianalisa, berdasarkan peta dari pengorbit NASA Mars Odyssey, mempunyai beragam geologis yang mengundang minat ilmuwan untuk melakukan penelitian.

Kendaraan penjelajah itu memasuki atmosfer Mars yang tipis dengan kecepatan sekitar 20.000 kilometer per jam.

Selama periode tersebut, kendaraan tersebut berfungsi secara otonom. Para insinyur NASA tidak dapat menyaksikan peristiwa tersebut pada saat yang sama karena perlu 14 menit untuk sinyal radio mencapai Bumi dari Mars.

Steltzner mengatakan bahwa para ilmuwan dan insinyur yang mengawasi proyek tersebut “percaya diri, ketakutan secara emosional” dan siap. “Jumlah kontrol yang tim kami miliki selama memasuki Mars, turun dan mendarat sama dengan kontrol  yang dimiliki penonton di rumah. Kami bersama-sama dalam perjalanan ini,” ujarnya.

Kamera-kamera penghindar bahaya pada Curiosity mulai mengambil gambar segera setelah mendarat. NASA menerima gambar-gambar dengan resolusi rendah dan hitam putih beberapa menit setelah pendaratan.

Doug McCuistion, direktur program eksplorasi Mars di NASA, yang dikutip VoA mengatakan bahwa Curiosity dilengkapi 17 kamera dan tak lama lagi akan menghasilkan gambar berwarna.

“Dalam beberapa hari, minggu dan tahun ke depan, aka nada sejumlah besar gambar, gambar yang menakjubkan, gambar berwarna sebenarnya seperti yang dilihat mata manusia, dan ini akan sangat menyenangkan,” ujarnya.

Tujuan utama misi ini adalah untuk melihat apakah Mars pernah memiliki kondisi yang dapat mendukung kehidupan microbial. Curiosity bertenaga nuklir tersebut dilengkapi dengan instrumen untuk menyelidiki keadaan geologi, cuaca dan tingkat radiasi di Mars selama dua tahun ke depan. Curiosity adalah pesawat luar angkasa NASA ketujuh yang mendarat di planet merah.

Sementara itu, Presiden Barack Obama mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pendaratan sukses Curiosity itu “menandai pencapaian teknologi tiada tara dan menjadi sumber kebanggaan nasional jauh ke masa depan.”

Kepala NASA Charles Bolden mengatakan para ilmuwan berharap misi Curiosity akan menjawab banyak pertanyaan lama tentang planet Mars.

“Curiosity, penjelajah paling canggih yang pernah dibangun, kini ada di permukaan planet merah itu dan akan berusaha menjawab banyak pertanyaan lama tentang apakah ada kehidupan di Mars atau apakah planet itu bisa mendukung kehidupan di masa depan,” demikian ujar kepala NASA. (VoA)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1UKkh/
 
Support : Copyright © 2011. Jurnal Terkini - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya