Lomba Gerak Jalan Kemerdekaan Meriah - Jurnal Terkini - Analisa Fakta-Data Terkini
Jurnal Terkini :
Home » » Lomba Gerak Jalan Kemerdekaan Meriah

Lomba Gerak Jalan Kemerdekaan Meriah

Written By Unknown on Tuesday, September 18, 2012 | 8:31 PM

Karimun, Kepri (Jurnal Terkini) - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-67 yang disejalankan dengan HUT Kabupaten Karimun ke-13, Kantor Pemuda dan Olahraga Karimun mengadakan kegiatan yang diberi tema "Permasalahan Olahraga bagi Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat (Gerak Jalan 8,10,17 dan 45 KM) Kabupaten Karimun Tahun 2012".
http://jurnalterkini.com
Kakanpora Karimun Yan Indra saat akan memberi aba-aba melepas regu gerak jalan di lokasi Panggung Rakyat Sri Kemuning
Lomba gerak jalan 8, 10, 17 dan 45 KM ini untuk tingkat SD, SMP, SMA dan Umum. Acara pembukaan berpusat di Panggung Rakyat Sri Kemuning Coastal Area Kecamatan Karimun dengan dihadiri Bupati Karimun H. Nurdin Basirun, Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq, Sekda Karimun H. Anwar Hasyim, Danlanal Karimun Letkol (P) Sawa, Kapolres Karimun AKBP Benyamin Sapta, perwakilan Dandim Karimun dan Kajari Karimun Supratman Khalik.

Turut hadir Ketua DPRD Karimun R. Bakhtiar, Asisten II Arnadi Supaat, Kakanpora Yan Indra, Kadis Pariwisata dan Seni Budaya Suryaminsyah (Wak Min), Kadis Pertambangan dan Energi H. Alwi Hasan, Kadis Kesehatan Dra. Sensissiana, Kadispenda Djunaidy, Kadisperindag Sudarmadi, Kadis Sosial Hurnaini, Kadis Koperasi Amjon, Kadis Tenaga Kerja Ruffindy, Plt Dinas Pendidikan Syamsuardi, Kepala Kantor Inspektorat M.Iqbal dan Kabag Humas Muhammad Yosli.

Kakanpora Yan Indra sekaligus ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program penguatan wawasan kebangsaan dan peningkatan kreativitas para peserta lomba, dengan harapan melalui dapat terjadi transformasi nilai-nilai prestasi olahraga dan potensi olahraga khususnya di Kabupaten Karimun, sehingga permasalahan olahraga dalam menopang terwujudnya kemandirian bangsa dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditentukan.

http://jurnalterkini.com
Regu dari SMPN 1 Karimun salah satu peserta yang mengikuti lomba gerak jalan
Adapun tujuan dari program ini, memberikan motivasi kepada insan olahraga, pemuda, stage holder di Kabupaten Karimun baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat agar dapat menanamkan semangat nasionalisme, kesatuan dan persatuan diantara sesama serta mempunyai kesamaan persepsi terhadap olahraga dalam mempertahankan eksistensinya. Menciptakan kesempatan berprestasi seluruh perangkat olahraga di Kabupaten Karimun sehingga dapat menemukan, mempelajari dan menguasai ketrampilan baru dan kreativitas dalam berolahraga serta mengoptimalkan sumber daya pemuda dan olahraga kearah tepat guna dan berdaya guna sehingga dapat memperluas dan memperkuat jaringan kemitraan dibidang olahraga dalam usaha memajukan daerahnya, ungkapnya.

Lanjut Yan, dasar kegiatan adalah UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga nomor: Per/0013/Menpora/II/2007 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan Keputusan Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun tentang Pengangkatan dan Penunjukan PPTK dan Pembantu PPTK.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan lomba gerak jalan sebanyak 382 regu yang terdiri dari, tingkat SD putra 55 regu dan putri 51 regu, tingkat SMP putra 35 regu dan putri 40 regu, tingkat SMA putra 22 regu dan putri 27 regu serta untuk tingkat umum putra 35 regu dan putri 7 regu. Dengan total hadiah sebesar Rp.70.000.000,- (tujuh puluh juta rupiah).

Kegiatan acara lomba gerak jalan ini pelaksanaannya selama 3 hari, tanggal 15 september 2012 gerak jalan 8 dan 10 KM tingkat SD dan SLTP sederajat untuk putra dan putri, tanggal 16 september gerak jalan 17 KM tingkat SMU sederajat dan Umum untuk putra dan putri, tanggal 22 september gerak jalan 45 KM untuk tingkat umum, ujar Yan lagi.

Bupati Karimun H. Nurdin Basirun dalam sambutannya sekaligus melepas peserta gerak mengatakan, arena pusat keramaian aktivitas sehari-hari masyarakat Karimun yang kita tahu coastal area, sebenarnya kata orang tua kita dulu namanya jalan Tanjung Gelam. Arena ini harus kita perindah dan dipoles lagi, pembangunan mesti jalan, mudah-mudahan Bapak Wakil Bupati Karimun beserta jajarannya memprioritaskan pembangunan Coastal Area menjadi pusat keramaian masyarakat Kabupaten karimun.

Oleh karena itu terimakasih atas kerjasama semua pihak, tentu pada kesempatan yang berbahagia ini yang telah diberikan dan mari kita lanjutkan untuk memperindah keindahan coastal area yang menjadi milik kebanggaan masyarakat Kabupaten Karimun.

"Saya tidak bosan-bosan andai kata membawa keluarga, anak atau cucu, hendaknya seganlah membuang sampah  sembarangan, katakanlah tong sampah belum ada, paling tidak bagaimana sementara ditunda dulu membuang di tempat-tempat yang tidak pada tempatnya. Ini sangat kita harapkan dan ini sangat membantu memperindah, mempercantikkan coastal area menjadi kebanggaan kita. InsyaAllah kelanjutan pembangunan ini akan dimulai dari coastal area ini sampai ke bandara," ujar Nurdin

Lanjut Nurdin, saya tahu gerak jalan ini jarak tempuhnya cukup panjang, saya ingin mudah-mudahan setelah terlaksana saat kita menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya tadi, hati kita bergetar, kita bangga menjadi warga negara Republik Indonesia dan kita bangga punya NKRI, oleh karena itu sebelum saya lepas acara lomba gerak jalan ini, kita teriakkan kata "Merdeka" sebanyak 3 kali dengan penuh semangat, mudah-mudahan terdengar sampai dinegara tetangga, inilah NKRI. Setelah kita teriakkan Merdeka sebanyak 3 kali lalu kita teriakkan "Karimun Jaya" sebanyak 3 kali juga. Semua itu terletak di tangan anda, marilah kita berfikir, bekerja sama dan bahu membahu untuk memajukan Kabupaten Karimun yang kita cintai ini, ujar Nurdin penuh semangat. (Edy)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1UKkh/
 
Support : Copyright © 2011. Jurnal Terkini - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya