Astronom Temukan Dua Planet Baru - Jurnal Terkini - Analisa Fakta-Data Terkini
Jurnal Terkini :
Home » » Astronom Temukan Dua Planet Baru

Astronom Temukan Dua Planet Baru

Written By Unknown on Friday, June 22, 2012 | 9:10 PM

PENELITIAN bidang astronomi memang tidak pernah ada habisnya sepanjang alam semesta masih terkembang. Kalau dulu, dalam buku-buku pelajaran hanya menyebutkan planet sebanyak sembilan, tapi sekarang terus bertambah seiring perkembangan teknologi antariksa.

<http://jurnalterkini.com
Penampakan Kepler (foto: space.com)
Salah satu temuan terbaru para astronom adalah adanya dua planet ekstrasolar baru. Dua planet baru itu diberi nama Kepler-36b dan Kepler 36c yang mengorbit pada bintang Kepler-36.

Kompas.com yang dikutip dari Discovery mewartakan bahwa dua planet baru itu berjarak sekitar 1.200 tahun cahaya dari bumi.

Jarak kedua planet itu sangat dekat dengan 1,9 juta kilometer atau lima kali jarak bumi dengan bulan. Meski sangat dekat, kedua planet itu berbeda karakter, jika Kepler 36b merupakan batuan dengan massa 4,5 kali massa bumi, maka Kepler 36 merupakan gas mirip Neptunus dengan massa delapan kami massa bumi.

Kepler 36b berevolusi selama 14 hari dengan jarak 18 juta kilometer dari bintangnya, sedangkan Kepler 36c mengelilingi bintangnya selama 16 hari dengan jarak 19 juta kilometer.

Dilihat dari besar kedua planet itu, maka Kepler 36b 1,5 kali lebih besar dibanding bumi, dengan 30 persen besi, 15 persen air dan gas atmosfer Hidrogen dan Helium 1 persen.

Sementara, Kepler-36c lebih besar yaitu 3,7 kali bumi, meliputi inti padat diselubungi atmosfer berupa Hidrogen dan Helium.

Penemuan dua planet baru bisa menjadi bahan renungan untuk membuka cakrawala berfikir umat manusia, bahwa alam semesta yang diciptakan Tuhan masih banyak menyimpan rahasia yang menantang kita untuk membongkarnya .

Perkembangan teknologi antariksa terus berpacu dengan temuan-temuan baru yang menambah penasaran para astronom negara-negara maju. ***
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

http://picasion.com/i/1UKkh/
 
Support : Copyright © 2011. Jurnal Terkini - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya